Jenis-jenis kertas untuk printer

Jenis-jenis kertas untuk printer itu beragam. Anda bisa mengenalinya terlebih dahulu, agar dapat disesuaikan saat print tulisan, gambar, atau foto. Printer, tinta yang dipakai, dan jenis kertas, sangat menentukan terhadap hasil akhir cetakan. Jadi, Anda harus menyesuaikan kecocokan dari printer, tinta, dan jenis kertas. Agar mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas.

Hasil cetak printer tergantung dari beberapa faktor:
1. Tipe printer
2. Jenis tinta
3. Setting Printer: Kecepatan (PPM = Page Per Minute) atau setting draft/fast ,normal/standar, atau best/high.
4. Media Cetak: Menggunakan kertas 70 gr akan menghabiskan tinta lebih cepat karena pori – porinya besar sehingga menyerap tinta lebih banyak.

Yang terbaik menggunakan kertas 80 gr yang sudah teruji baik seperti merk Paper One. Lebih baik lagi menggunakan kertas inkjet khusus (inkjet paper)

 

Adapun jenis-jenis kertas untuk printer, yakni:

1. HVS: Bahan kertasnya sedikit kasar. Umumnya, dipake untuk fotocopy atau printer deskjet. Kertas HVS ini tidak mudah berubah warna.

2. Art Paper & Matt Paper: Bahan kertas ini licin atau semi doff, cocok untuk brosur. Raster kertasnya halus, namun kurang bisa menyerap air. Sehingga kurang cocok menggunakan tinta dye. Cocoknya menggunakan tinta art paper, yang di desain khusus untuk head printer Epson.

3. Art Karton: Sama dengan kertas art paper, namun art karton lebih tebal. Banyak digunakan untuk cetak kartu nama, katalog, co profile, dan brosur. Harus menggunakan tinta art paper, yang di desain khusus untuk head printer Epson. Hasil cetakannya pun akan lebih maksimal, karena art karton dilapisi laminating.

4.Premium Glossy Foto Paper: Kertas ini dapat menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Cocok digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi.

5.Sticker Glossy Foto Paper: Kertas ini cocok digunakan untuk mencetak stiker dan foto dengan resolusi tinggi

6.Glossy Foto Paper/Glanz Paper: Kertas ini merupakan jenis kertas standar untuk cetak foto. Jenis kertasnya mengkilap, memantulkan cahaya, permukaan kertas lebih lengket, dan mampu menghasilkan cetakan standar. Dapat digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi, dengan harga kertas yang relatif murah.

7.Inkjet Paper: Kertas ini cocok digunakan untuk keperluan grafis. Seperti mencetak sketsa gambar, proof arsitektur rumah, dan grafik bar. Serta, dapat menyerap tinta dengan cepat.

Sehingga dapat menghasilkan cetakan yang baik.
Itulah jenis-jenis kertas untuk printer. Sekarang, Anda sudah mengetahuinya secara lebih detail.

Segera sesuaikan jenis kertas untuk printer, dengan kebutuhan Anda saat mencetak. Dapatkan pula hasil cetakan yang bagus dan berkualitas tinggi dengan melakukan isi ulang tinta printer di Spesialis Isi Ulang Tinta Printer Surabaya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.