Seputar Printer Laserjet

 

Apa itu Selenoid? Dan apa fungsinya?

 

Mungkin ini terdengar asing ditelinga Anda. Taukah Anda bahwa selenoid ini memiliki fungsi penting dalam Printer Laserjet. Ingat kah Anda pembahasan kita sebelum tentang komponen printer Laserjet. Komponen ini termasuk dalam keluarga komponen nomor 3 yaitu Mechanic Roll.

 

Menurut Wikipedia Solenoid adalah salah satu jenis kumparan terbuat dari kabel panjang yang dililitkan secara rapat pada sebuah batang besi dengan panjang tertentu.

Terdengar makin aneh bukan? Makin pusing deh. Hehehe.

Simplenya. Selenoid dalam printer berfungsi sebagai sensor penggerak roll penarik kertas. Dalam selenoid terdapat beberapa komponen, yaitu kumparan itu sendiri, katup pengait yang menjepit ke gigi roller penarik kertas, dan bantalan peredam.

 

Mari kita ulas satu per satu. Kumparan tersebut berfungsi sebagai medan magnet untuk menarik katup pengait yang kemudian katup pengait tersebut menjepit gigi roll penarik kertas sehingga roll mampu menjalankan fungsinya untuk menarik kertas. Katup pengait, jelas ya fungsinya adalah untuk menjepit gigi roller agar roller dapat bergerak dan menarik kertas. Terakhir adalah bantalan peredam. Bentuknya mungkin kecil. Tapi tanpa adanya bantalan peredam ini fungsi dari selenoid bisa ngaco. Hehehe.

 

Dalam banyak sekali kasus yang dialami oleh pengguna Printer Laserjet. Penyebab dari kerusakan mekanik roll ini adalah di bagian selenoid nya. Dan dalam bagian komponen selenoid, yang akan cepat rusak adalah bagian bantalan pengait nya. Lucu bukan. Si kecil ini rewel ternyata. Jadi gini ceritanya…..

 

Seiring dengan berjalan nya waktu, aseeeek. Setiap kali kita melakukan proses pengeprintan katup pengait tadi akan terus menerus bergerak untuk menjepit gigi roller. Nah lama kelamaan, bantalan peredam selenoid tersebut akhirnya terkikis dan hanya menyisakan perekat. Karena bantalan pengait nya tadi terkikis akhirnya tak ada lagi peredam yang menghalangi antara katup pengait dan kumparan utama selenoid. Justru tersisanya perekat pada bekas bantalan pengait tadi membuat pengait terus melekat sehingga roll kertas terus terbuka sehingga printer akan terus menerus melakukan penarikan kertas tanpa mencetak apa pun. Kalau sudah begini pusing jadinya.

Eits tenang. Ada solusinya kok. Ada 3 solusi terbaik untuk permasalahan seperti ini. Pertama, jika Anda memiliki sedikit keberanian. Bongkar dan ganti selenoid Anda. Kedua. Coba bawa ke tukang service. Untuk rata rata harga service di Surabaya kisaran Rp. 85.000 sampai Rp. 110.000 saja. Di Surabaya saya sarankan Anda ke Pusat Printer Surabaya, karena pelayanan luar biasa ramah dan teknisi sangat profesional.

 

Yap itu saja pembahasan kita hari ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Eeeeeh. Ketinggalan satu solusi nomer 3. Beli printer baru guys. Hahaha.

 

See you, love you.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.