Printer Laserjet vs Printer Ink Tank System (infus modifikasi/CISS)

Banyak pertanyaan mengenai Kelebihan & Kekurangan Printer Laserjet dibanding Printer Ink Tank System (Infus/CISS) Original bawaan produsen printer seperti Epson L series, Canon G series, HP GT series dan lainnya, oleh karena itu kami coba sedikit beri penjelasan sebagai tambahan referensi.

Sebelumnya mari kita kenal terlebih dahulu apa itu printer laserjet dan printer Ink Tank System (infus/CISS)

Pengetian Printer Laser Jet

Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.

Selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.
Printer laserjet sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu Printer Laserjet monokrom (hitam & putih) dan Printer Laserjet Full Colour

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser Jet

Kelebihan Printer Laser Jet:

Adapun kelebihan pada printer Laser Jet adalah :

Kualitas cetak text yang tinggi.
Kecepatan cetak tinggi.
Dapat mencetak berbagai ukuran kertas.
Memiliki beragam pilihan termasuk collator dan stapler.
Biaya keseluruhan lebih rendah karena kebutuhan tinta kecil.
Dapat mencetak dalam jumlah yang banyak
Penggunaan toner yang lebih efisien, penggunaan toner pada printer laser lebih efisien jika dibandingkan penggunaan tinta pada printer inkjet. Biaya per halaman printer laser lebih murah, yang artinya biaya operasional yang dikeluarkan juga lebih rendah.
Kecepatan cetak yang lebih tinggi, printer laser dapat mencetak lebih cepat, terutama dokumen dengan banyak halaman, jika dibandingkan dengan printer inkjet.
Relatif lebih mudah dibersihkan.

 

Kekurangan Printer Laser Jet:

Adapun kekurangan pada printer Laser Jet adalah :

  1. Harga printer laser warna lebih mahal daripada ink jet warna.
  2. Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.
  3. Harga kartrid toner yang lebih mahal.
  4. Ukuran yang lebih besar, walaupun semakin lama ukuran printer laser semaki mengecil, tetap saja mereka lebih besar dibandingkan dengan printer inkjet dan tidak muat diletakkan di tempat yang sempit.
  5. Lebih mahal untuk mencetak warna, printer laser dapat menghasilkan hasil cetak warna yang baik namun dengan harga yang lebih mahal, konsumen cenderung memilih printer inkjet karena harganya yang lebih murah.

 

Pengertian Printer Ink Tank System (infus/modifikasi/CISS)

Yang dimaksud dengan teknologi ink tank system adalah modifikasi pada sistem printer agar bisa menggunakan tinta lebih banyak menggunakan wadah tabung pada bagian luar body printer. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengisian tinta printer dan menghemat ongkos cetak.

Sebelum itu kami akan menjelaskan sedikit, di pasaran terdapat 2 jenis modifikasi Ink tank, yang pertama adalah Printer infus original atau yang disebut CISS (Continuous Ink Supply System) adalah sebuah printer yang dibeli dengan system tabung infus asli dan original yang diproduksi oleh pabrik produsen printer. Epson dengan printer L Seriesnya, Canon dengan printer G Series, dan GT series milik HP. Mereka adalah produsen Printer yang memproduksi Printer CISS.

Lalu yang kedua adalah Printer infus modifikasi 3rd party (toko/seller), dimana printer ini adalah printer yang sebelumnya tidak dilengkapi dengan tabung infus (CISS) atau printer standar, lalu dimodifikasi oleh pihak penjual/toko agar dapat menjadi sebuah printer ink tank system.

Kelebihan Jenis printer Infus/modifikasi/CISS

 

  1. Dapat mencetak hitam dan warna dalam jumlah banyak
  2. Mempermudah dalam pengisian tinta karena letak tabung tambahan terdapat di luar printer membuat pengisian tinta dapat dilakukan secara langsung. Tanpa perlu repot mengambil cartridge dari dalam printer dan di isi ulang.
  3. Lebih mudah untuk mengetahui kondisi isi tinta karena posisi tabung tambahan berada di luar printer jika isi tinta tinggal sedikit atau habis sehingga bisa dilakukan proses isi ulang

 

Kekurangan Jenis printer Infus/modifikasi/CISS

 

  1. Garansi pada printer akan hilang dan tidak berlaku karena garansi menganggap kondisi printer sudah dirubah dan tidak seperti aslinya untuk printer yang masih standar/tidak modifikasi.
  2. Printer modifikasi disarankan untuk penggunaan yang rutin karena jika dibiarkan dan tidak digunakan secara rutin, akan ada angin yang masuk di dalam selang modifikasi sehingga mengakibatkan penyumbatan aliran tinta menuju cartridge.
  3. Tabung infus rawan kemasukan debu dan kotoran karena posisi tabubg berada di luar yang itu bisa mengakibatkan penyumbatan pada tinta.
  4. Cartridge akan lebih mudah rusak jika pada printer modifikasi jarang sekali digunakan karena akan terjadi endapan tinta pada bagian head cartridge sehingga mengakibatkan head cartridge buntu
  5. tinta sering banjir, sehingga pada hasil cetak terdapat tumpahan tinta.
  6. resiko error mekanik karena selang infus nyangkut.
  7. proses penggantian cartridge sulit, sehingga perlu dibawa ke tempat service printer.
  8. membutuhkan perawatan ekstra, karena semakin tinggi frekuensi cetak, kemungkinan terjadi error semakin besar.

Apabila masih belum yakin dalam menentukan pilihan, silahkan kunjungi Toko Printer Surabaya. Konsultasikan segala permasalahan dan kebutuhan Anda tentang printer. Terima kasih, semoga sukses 🙂

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.