Disini saya akan membahas bagaimana cara merawat printer dengan baik dan benar. Karena di luar sana, ketika kita sudah membeli printer malah tidak di beritahu bagaimana cara merawat printer yang baik dan benar. Karena kalau printer tidak kita rawat dengan baik dan benar, maka akan berkendala dan kalau sudah berkendala pergantian sparepart nya juga menguras kantong juga gaes, jadi simak baik – baik dan semoga bermanfaat.

Gunakan 2 Hari Sekali / Rutin

Jika anda memiliki printer INK Jet, maka harus sering kalian pakai, karena kalau jarang anda pakai, tintanya akan kering dan dapat merusak cartridgenya. Berbeda dengan Printer Laserjet yang meskipun jarang di pakai tidak apa apa, karena memang tintanya kering atau sering di sebut dengan serbuk Toner. Maka Gunakan 2 Hari sekali (1 kali pencetakan) atau lebih baiknya kalau di pakai setiap hari. Tujuannya apa ? karena supaya ada sirkulasi tinta yang keluar dari head cartridgenya, sehingga tidak merusak head cartridgenya.

Matikan Printer Jika Tidak Digunakan

Mengapa printer kalau tidak di gunakan harus di matikan ? Karena kalau printer yang tidak di gunakan tetap menyala bisa merusak power supply atau pun bisa merusak sparepart yang ada di dalam printer. Karena energi listrik yang mengalir terus otomatis bisa over daya sehingga bisa merusak power supply atau sparepart printer lainnya. Jadi matikan printer kalau tidak di gunakan dan bisa menghemat listrik pula.

Bersihkan Dari Debu

Partikel sekecil apapun, kalau masuk ke dalam printer bisa menghambat proses kinerja printer. Misalnya kalau ada debu masuk ke dalam sela – sela tombol, yang terjadi adalah tombol tidak mudah untuk di pencet. Jadi bersihkan printer dari debu setiap saat kalau bisa setiap hari agar debu tidak menumpuk di atas printer.

Gunakan Kertas 80 gr

Karena setiap printer ada kelebihan khusus tersendiri. Ada yang bisa memakai kertas photo, kertas undangan, dan sebagainya (tergantung tipe printer). Jikalau printer anda khusus mencetak Kertas A4 saja, gunakan yang 80gr, karena kalau lebih dari 80gr bisa merusak head printernya. Begitu juga sebaliknya, jikalau kita memakai kertas kurang dari 80gr maka hasil cetaknya tidak akan bisa maksimal (Tidak pekat).

Printer Jangan Di Biarkan Menyala Sampai Overheat

Karena kalau printer sudah mulai panas atau overheat, maka seperti penjelasan saya sebelumnya. Bisa merusak komponen di dalam printer tersebut. Jadi beri jeda waktu untuk mematikan printer Anda.

Jadi mulai sekarang rawatlah printer Anda dengan baik dan benar, karena kalau salah merawat printer, Anda bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jadi lakukanlah langkah langkah di atas, semoga bermanfaat untuk Anda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perawatan printer, silahkan konsultasi secara gratis dengan customer service kami disini.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.