SEBEL!

Kenapa Ya Printer Kendala Terus?

 

Hai Para Pengguna Printer…

Suka sebel karna printer suka keluar-masuk tempat service?, berkali-kali printer kamu tiba-tiba gak bisa buat nge-print?, atau malah udah frustasi karna sering ganti-ganti printer?.

Di jaman yang serba canggih sekarang ini, bukan hal tabu lagi apabila kita mau segala yang kita lakukan harus serba cepat. Mulai dari makan, minum, berkendara, bahkan ngerjain tugas pun maunya dengan cara yang cepat, apalagi kalau tugas udah mendekati deathline, dan printer tiba-tiba berkendala padahal udah isi ulang toner printer / tinta printer, rasanya mau marah tapi percuma. Kamu pernah kayak gitu?

Hmmm..

Mungkin kamu harus baca Artikel ini.

Check This out!

 

Ok.. Pertama-tama kita harus sepakati dulu bahwa printer adalah salah satu barang elektronik,  yang berarti kita tidak bisa tahu/menebak berapa usia dari barang elektronik tersebut. Apalagi Printer, barang elektronik yang yang banyak macam dan merek nya.

Kendala yang sering di alami oleh pengguna printer adalah pada Hasil Cetak  seperti : kurang bagus/kurang Tebal/Kurang pekat/Bergaris, dll. Dan juga banyak kendala lain seperti printer tiba-tiba tidak bisa menarik kertas, tiba-tiba Mati, atau tiba-tiba Eror / muncul kode eror (Biasanya pada printer Multifungsi).

Nah! Mari kita simak tips agar printer bisa lebih awet meskipun kita jarang sekali gunakan. Sebelum baca tips, kalian di sarankan membaca postingan kemarin yang berjudul “ Perbedaan Printer Ink Jet, Laser Jet dan Dot Matrix ”  untuk lebih mengetahui apa aja jenis-jenis printer yang harus di ketahui secara umum.

 

 

  1. Kontrol Intensitas Cetak.

 

Printer Ink Jet : Printer Inkjet (Tinta) sejatinya harus sering-sering di gunakan untuk mencetak agar tinta pada printer tidak menggumpal/kering sehingga menyebabkan tinta yang kering tersebut menutup head Pada Cartridge sehingga tinta yang di keluarkan untuk mencetak menjadi tersumbat, dan hasil yang tercetak pun tidak bisa tercetak dengan sempurna .

 

Printer Laser Jet : Printer Laserjet (Toner) tidak apa apabila jarang digunakan. Karna Printer ini menggunakan Toner/bubuk. Sehingga buat anda yang jarang mencetak dan tidak mau ribet cocok sekali menggunakan tipe printer ini.

 

  1. Atur Settingan Kualitas Cetak Sesuai Kebutuhan.

 

Printer Ink Jet : pada tipe printer Inkjet ada beberapa setting-an pada kualitas cetak, Yaitu : Fast, Medium,High. Yang terbaik dari ketiga macam setting-an tersebut adalah “Mediun” karna tidak membuat kerja Cartridge lebih berat. Terlalu sering menggunakan setting-an “Fast” dan “High” bisa membuat Head Cartridge lebih cepat Aus, dan apabila cartridge Aus hasil cetaknya akan menjadi bergaris/tidak jelas.

Printer Laser Jet : kalau pada printer Laserjet tidak perlu ribet untuk setting sana-sini, karna printer pada printer lasejet yang terbaru ini ada settingan khususnya, tinggal print aja.  Tapi, ada kekhusus-an dalam peletakannya. Baca di tips no.3 ya…

 

  1. Stavol / Penstabil Tegangan Listrik

 

Gunakan Stafold/ Penstabil Tegangan Listrik untuk menghindari terjadinya arus pendek pada printer. Naik turunnya tegangan listrik dapat mengakibatkan sirkuit pada printer Ink Jet bisa putus / eror. Dan apabila cartridge Eror satu-satunya solusi adalah dengan mengganti cartridge pada Printer. Jadi, apabila sekarang anda belum memiliki stavold segera pasang agar Printer Awet.

 

  1. Tata letak Printer

 

  • Letakan printer anda di atas meja atau jauhkan dari jangkauan anak-anak. karna banyak sekali printer yang kendala karna di dalam printer kemasukan barang-barang kecil atau mainan anak seperti clip, pensil, bulpoin, isi stapler, mainan, bahkan saya pernah menjumpai printer yang kemasukan ikan karna printer di letakkan di sebelah aquarium. Barang tersebut masuk melalui lubang printer atas yang di gunakan untuk meletakan kertas. Alhasil apabila terjadi proses pengeprint-an kertas akan nyangkut di dalam printer atau printer tidak bisa menarik kertas sama sekali, dan tugas tugas anda tidak akan selesai tepat waktu karna ulah anda sendiri.
  • Hindari peletakan printer yang langsung terpapar AC (Air Conditoner), karna apabila printer Inkjet (Tinta) bisa mengakibatkan tinta cepat kering, atau apabila printer Laserjet Dapat mengakibatkan Toner/serbuk menggumpal. Dan akan sangat berpengaruh pada hasil cetak yang sama sekali tidak bagus.

 

  1. Gunakan Tinta/Toner Spesifikasi Original

 

Kualitas cetak pada printer sangat di pengaruhi oleh tinta yang kita gunakan. Apabila tinta yang kita gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi original tentunya hasil cetak pun sangat jauh dari kata sempurna. Isi ulang cartridge printer anda pada tempat isi ulang tinta yang sangat terpercaya seperti tempat ini. Tidak di ragukan lagi bahwa kualitas cetak yang di hasilkan sangat bagus. Pastikan Tempat isi ulang tinta / Tempat isi ulang toner anda adalah tempat yang telah terjamin kualitas cetaknya. Salah Satu ciri tempat isi ulang tinta terbaik adalah yang menawarkan garansi tanpa syarat yang memberatkan pelanggan karna yang mereka utamakan adalah kualitas Cetak dan kepuasan Pelanggan.

 

 

Baiklah.. Itu adalah beberapa tips untuk membantu Printer anda lebih awet dan dapat membuat tugas anda lebih cepat selesai, karna printer selalu dalam kondisi baik. Bila anda kurang jelas silahkan menghubungi customer service dan konsultasikan segala keluhan anda secara FREE / GRATIS disini.

Semoga Sukses

Terima Kasih.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.