Isi ulang Toner?? Ketahui dulu apa saja sparepart cartridge laserjetmu.

Yups, Jumpa Lagi. Pada pembahasan artikel sebelumnya, sudah dibahas macam-macam jenis printer. Di pembahasan kali ini. Cartridge Printer adalah tempat penampungan tinta atau toner  untuk mencetak. Umumnya ada 2 jenis cartridge/kartrid yang digunakan di dalam printer yaitu :

  • Ink cartridge, yang digunakan pada pencetak inkjet
  • Toner cartridge, yang digunakan pada pencetak laserjet

Cartridge/kartrid itu sendiri adalah salah satu komponen penting yang terdapat di dalam printer inkjet maupun laserjet.  Kartrid dapat diganti atau dilepas. Jika tinta atau toner habis, ada beberapa solusi alternatif yaitu :

  1. Buang cartridge lama beli cartridge baru (Original)
  2. Beli cartridge compatible
  3. Beli cartridge remanufacture
  4. Isi ulang (refill) sendiri
  5. Isi ulang (refill) di toko isi ulang cartridge

Nah, karena harga inkcartridge atau toner cartridge original di Indonesia sangat mahal, alternatif terbaik adalah isi ulang/refill cartridge. Disini kami rekomendasikan tempat isi ulang tinta atau toner yang terbaik, terhandal dan terpercaya area surabaya,gresik dan sidoarjo.

Setelah sekilas kita tahu apa itu cartridge dan jenis-jenis cartridge. Selanjutnya kita akan bahas fungsi dari komponen toner cartridge yaitu cartridge untuk printer lasertjet. Kami akan mengupas lebih dalam mengenai komponen cartridge printer laserjet/toner cartridge.

Apa itu Toner cartridge? Apa saja sih komponennya??  Mari kita simak penjelsan dibawah ini.

Bagian cartridge laserjet dibagi dua bagian yaitu bagian Waste tank dan Ink Tank. Mari kita bedah satu persatu.

  • Waste Tank : tempat pembuangan toner yang tidak ikut tercetak pada kertas saat proses mencetak.
  • Ink Tank : Tempat penampungan serbuk toner yang diguakan sebagai bahan untuk mencetak.

Pada cartridge lasesjer (toner cartridge) ada 7 komponen yaitu :

  1. Serbuk toner Laserjet

Fungsi : Sebagai bahan isian cartridge printer laserjet yang digunakan untuk mencetak dan membentuk tulisan.

 

  1. OPC (Organic Photo Conductor) drum

Berfungsi sebagai media pembentuk pola image elektrostatis yang sesuai dengan data pola image digital yang dikirim oleh komputer.

 

  1. Wiper Blade (WB)

Berfungsi untuk membersihkan permukaan OPC drum dari sisa toner yang tidak ikut tercetak pada kertas.

 

  1. PCR (Primary Charge Roller)

Fungsinya sebagai menetralkan  permukaan OPC Drum yang masih bermuatan negatif karena efek penyinaran laser scanner printer.

 

  1. Doctor Blade

Sebagai mengatur banyaknya toner yang akan diambil oleh magnetik (magnet roll)

 

  1. Magnetic Roller Slave

Berfungsi mengambil toner (bermuatan positif) dari toner hopper, untuk dikirimkan pada permukaan OPC drum yang telah bermuatan negatif.

 

  1. Chip resetter

Sebagai sensor kapasitas toner, jika sensor mendeteksi cartridge telah habis, maka cartridge tidak bisa digunakan. Tetapi ada beberapa tipe cartridge yang  fungsi chipnya bisa diabaikan (tanpa perlu mendeteksi kapasitas tonernya).

 

Eeitss, for your information, printer laserjet gak hanya monochrome (B&W) aja loh, tapi ada juga yang bisa mencetak dokumen berwarna ( Colour Lasejet). Mau tau lebih lanjut, klik disini.

Sebelum kita jumpa lagi di artikel selanjutnya, saya ingin menginfokan sekali lagi, kalau cartridge itu bisa diisi ulang/refill. Jadi, tiap tinta/toner habis gak perlu beli cartridge original, pastinya mahal kan. Nah ini solusinya untuk menghemat, kalau mau isi ulang atau refill cartridge kamu di Pusat isi ulang toner terbaik, termurah, terpercaya dan terhandal di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

See you in the next articel guys….

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.