Tahukah anda bahwa media pencetak printer dibagi menjadi tiga jenis??

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, berdampak pada penggunaan printer yang semakin banyak juga dikalangan masyarakat. Pada jaman dahulu, printer hanya digunakan atau dimiliki oleh masyarakat kalangan atas dan pengusaha. Namun pada saat ini, hampir semua kalangan masyarakat memiliki atau bahkan setidaknya membutuhkan printer untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas sehari-hari.

Printer sendiri adalah alat atau media cetak yang berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan atau print. Jenis printer tentu saja berpengaruh terhadap hasil cetak dari masing-masing printer yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mencetak. Maka jangan sampai salah pilih printer.

 

Berikut ini adalah perbedaan printer Inkjet, Laserjet dan Dot Matrix :

 

 

1. Printer Inkjet 

Printer Inkjet adalah jenis printer paling umum yang tersebar di kalangan masyarakat. Printer ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen berupa hard file, photo, dan bisa juga untuk kaos. Printer jenis Inkjet mencetak menggunakan bahan dasar Tinta atau Ink. Tinta sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan apabila digunakan untuk mencetak. Salah satu kekurangan printer inkjet adalah kualitas cetaknya yang mudah pudar apabila terpapar sinar matahari secara langsung, dan mudah luntur apabila terkena air. Akan tetapi Printer Inkjet juga memiliki kelebihan yang tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Dilihat dari harganya, priter inkjet adalah jenis printer yang memiliki harga termurah diantara ketiganya. Harga printer murah dengan kualitas cetak yang dapat dibilang cukup bagus utuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan tentu menjadikan printer inkjet sebagai pilihan nomer satu bagi masyarakat di Indonesia.

2. Printer Laserjet 

Printer Laserjet adalah jenis printer yang masih jarang ditemui di kalangan masyarakat di Indonesia. Printer ini dapat digunakan untuk mencetak foto dan juga dokumen. Printer jenis Laserjet mencetak menggunakan bahan dasar Toner atau serbuk. Toner sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan pada saat digunakan untuk kegiatan cetak mencetak. Salah satu kekurangan yang dimiliki printer Laserjet adalah harganya yang terkenal cukup mahal, sehingga printer jenis ini masih belum banyak tersebar dikalangan masyarakat. Rata-rata yang memiliki printer laserjet adalah perusahaan yang memiliki kebutuhan mencetak sangat tinggi setiap harinya. Namun printer laserjet juga memiliki kelebihan, yaitu adalah kapasitas mencetak yang lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan printer inkjet. Serta kelebihan yang paling menguntungkan adalah perawataan untuk jenis printer laserjet lebih mudah, karena tekstur dasar toner yang kering. Tidak seperti printer inkjet yang membutuhkan perawatan lebih sering karena bahan dasar tinta yang cair dan mudah kering sehingga bisa menghambat aliran tinta yang ada pada lubang noozle cartridge. Berikut ini adalah beberapa Rekomendasi Printer Laserjet terbaik berdasarkan hasil survey kami sebagai pengamat printer (klik disini)

3. Printer Dot Matrix 

Printer Dot Matrix adalah jenis printer yang hanya dapat ditemui di tempat- tempat tertentu saja, seperti toko, pabrik dan juga area perkantoran. Printer jenis ini mencetak menggunakan pita dengan head yang berbentuk jarum berfungsi untuk membentuk pola dari titik-titik yang ditembakkan pada kertas. Penggunaan printer dot matrix pada umumnya jarang digunakan di masyarakat, dikarenakan kualitas cetak yang tidak terlalu bagus. Rendahnya resolusi menyebabkan hasil cetak tidak terlalu pekat. Serta tidak tersedianya fitur warna dalam printer dot matrix menyebabkan printer jenis ini menjadi jarang digunakan. Harga untuk printer dot matrix juga termasuk mahal dengan fasilitas terbatas yang disediakan. Namun dibalik semua kekurangan yang dimiliki printer dot matrix, printer jenis ini juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu mampu mencetak pada kertas rangkap. Dengan cara kerja yang mirip seperti mesin ketik, printer dot matrix menjadi satu-satunya printer yang dapat mencetak pada kertas rangkap dengan hasil yang bagus dan sempurna. Biaya operasional untuk printer jenis dot matrix juga termasuk murah dibandingkan dengan printer yang lain.

Berdasarkan penjelasan mengenai perbedaan printer jenis Inkjet, Laserjet dan Dot matrix diatas, maka dapat disimpulkan bahwa semua jenis printer akan tetap menguntungkan bagi pengguna apabila mampu memilih printer yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah Tips sebelum membeli printer baru, agar tidak salah pilih printer.

Karena printer adalah investasi jangka panjang. Terima kasih, semoga sukses 😊

18 Comments



















Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.